"SELAMAT DATANG DI BLOG TIM PENGGERAK PKK DESA TANJUNGSARI KECAMATAN KAJEN KABUPATEN PEKALONGAN"

Sabtu, 28 April 2012

KF “MELATI” DESA TANJUNGSARI MEMBUAT AREM-AREM MIE INSTANT

Keaksaraan Usaha Mandiri merupakan kelanjutan dari program Keaksaraan Fungsional yang diprioritaskan pada keterampilan. Di desa Tanjungsari terdapat beberapa Kelompok Belajar (Pokjar) Keaksaraan Fungsional (KF). Untuk tahun 2011, ada 2 kelompok yang mempunyai kesempatan mendapat dana bantuan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM), yaitu KF “Kuncup Mekar” di Dukuhjahit dan KF “Melati” di Dukuhtengah.
Bertempat di rumah ibu Juwariyah, dalam kegiatan pembelajaran Warga Belajar KF “Melati” tidak hanya diajari membaca, menulis, dan berhitung tetapi juga dibekali dengan keterampilan yang diharapkan bisa menambah penghasilan keluarga. Dengan dibimbing oleh tutor ibu Emi Setyati, S.Pd dan Nara Sumber Teknis (NST) ibu Izarotun Liza, S.PdAUD, mereka belajar membuat aneka kudapan. Salah satu diantaranya adalah Arem-arem Mie Instant. Hal ini dilakukan karena  apabila ada orang khajatan mereka sering kali diberi oleh-oleh mie instant sehingga hampir di setiap rumah ada persediaan mie instant. Untuk mensiasati supaya tidak membosankan; Warga Belajar, Tutor dan NST sepakat untuk memanfaatkan mie instant tersebut dibuat arem-arem. Dengan bahan dasar mie instant, ternyata arem-arem tersebut menjadi kudapan yang lezat sebagai teman minum teh di sore hari atau bahkan untuk sarapan di pagi hari.
 Dengan adanya program KUM ini diharapkan mampu menciptakan warga belajar yang  cerdas, mandiri, berdaya guna, dan mampu membaca peluang yang berkembang di masyarakat sehingga program ini benar-benar bermanfaat.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar